Wakil Walikota Malang 2019 Sofyan Edi Jarwoko, Ini Sosoknya - Rakyat Indonesia
GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

INDONESIA TERKINI:

latest

Wakil Walikota Malang 2019 Sofyan Edi Jarwoko, Ini Sosoknya

Jakarta - Sofyan Edi Jarwoko atau yang lebih dikenal Bung Edi merupakan salah satu politisi yang berpengaruh di Kota Malang. Kini, Bung Edi sedang menjabat sebagi wakil walikota Malang.

Pria kelahiran Malang, 24 Juli 1967 ini seda…

Jakarta - Sofyan Edi Jarwoko atau yang lebih dikenal Bung Edi merupakan salah satu politisi yang berpengaruh di Kota Malang. Kini, Bung Edi sedang menjabat sebagi wakil walikota Malang.

Pria kelahiran Malang, 24 Juli 1967 ini sedang menjadi sosok hangat yang sedang diperbincangkan terkait pernyataannya mengenai kericuhan peringatan 57 tahun perjanjian New Yok yang melibatkan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP).

Penasaran siapa sih sosok Sofyan Edi Jarwoko ini? Yuk, simak beberapa fakta yang dirangkum detikNews dari berbagai sumber.

1. Karir Politik

Nama wakil walikota Malang, yaitu Sofyan Edi Jarwoko alias Bung Edi memulai karir politiknya mulai dari bawah. Sejak 1998. ia telah bergabung dalam partai politik Golkar dan berhasil menjadi salah satu anggota DPRD Kota Malang selama dua periode, yaitu periode tahun 2004-2009 dan periode tahun 2009-2014.

Aktifnya ia dalam dunia politik di partai Golkar, membuatnya didapuk menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Golkar, Kota Malang hingga saat ini. Sayangnya pada tahun 2013, ia pernah mengalami kegagalan bersama Hari Pudji Utama dalam Pilkada, ia hanya berada di posisi ketiga dalam perolehan suara tersebut.

Pada tahun 2018, ia berhasil mendapatkan amanat sebagai Wakil Wali Kota Malang pada periode tahun 2018-2023. Saat ini, Sutiaji dan Bung Edi berpasangan menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang.

2. Jenjang Pendidikan

Sebelum menjadi seorang politisi, Bung Edi pastinya sudah memiliki pengalaman yang bisa mengantarkannya sebagai salah satu tokoh penting di Jawa Timur. Pria yang merupakan salah satu alumni SMA Negeri 3 Malang ini dikenal memiliki tutur dan sikap yang baik saat berkomunikasi dengan orang lain.

Selain itu, saat masih menjadi mahasiswa aktif di Universitas Merdeka Malang (Unmer), ia aktif dalam sebuah organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Fakultas Teknik, Unmer Malang. Maka, pastinya ia sudah banyak mendapat ilmu sosial berorganisasi .

3. Sosok Merakyat

Di kalangan masyarakat Malang, sosok Bung Edi sebagai wakil walikota Malang sekarang memiliki sikap dan tutur yang baik saat berdialog dengan orang lain. Hal ini dibuktikan dengan sikap ramahnya, seperti senyumnya yang tak pernah hilang saat ia berkomunikasi. Tak heran, bila ia dikenal dengan sosok merakyat di kalangan masyarakat.

4. Visi dan Misi Menarik untuk Warga Malang

Sebagai seorang Wakil Wali Kota Malang, pastinya Bung Edi memperhatikan tugasnya demi kesejahteraan warga Malang. Hal tersebut dibuktikan, salah satu nya dengan perwujudan revolusi industri 4.0, Smart City Malang.

Program ini merupakan sebuah konektivitas manusia dengan mesin, yaitu adanya digitalisasi layanan di kelurahan yang mana diharapkan agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

5. Menjabat sebagai Wakil Walikota Malang 2019

Pasangan Walikota Malang dan Wakil Walikota Malang ini, Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko unggul pada pemilihan kepala daerah Kota Malang 2018. Berdasarkan hasil perhitungan suara, mereka resmi menjabat walikota Malang dan Wakil Walikota Malang 2018. Pasangan yang diusung oleh partai politik Demokrat dan Golkar ini unggul dengan perolehan sebanyak 165.194 suara.

No comments